Help & FAQ

Hal-hal yang sering ditanyakan terkait BIP

  • MENGAPA DIPERPANJANG?  BEKRAF mendengar masukan dari banyak rekan-rekan yang kesulitan mengurus perizinan akibat libur panjang lebaran. Semoga dengan deadline giundur menjadi 19 Juni, makin banyak yang sempat mengurus dan mendapat kesempatan untuk menang di BIP 2019
  • APA ITU BIP ?  BIP (Bantuan Insentif Pemerintah) adalah program dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2017 lalu untuk memotivasi, menumbuhkan & mengedukasi pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif melalui penambahan modal kerja.
  • APAKAH INI DANA HIBAH?  Ini bukan dana hibah, tapi termasuk kategori belanja modal di APBN yang diberikan kepada pemenang yang dinyatakan lulus oleh pihak profesional yang independent dan manfaat dampaknya selalu diukur untuk selama 5 tahun setelah pemberian.
  • APA SYARAT UNTUK BISA IKUT?  Silahkan baca juknis, disana dijelaskan dengan lengkap seluruh yang akan terjadi dari awal hingga akhir, termasuk syarat, formulir isian, dst. Jika isian butuh formulir, file formulir MS Word bisa didownload dari field isian dan langsung diupload lagi.
  • APA ITU STARTUP?  Startup adalah istilah populer untuk usaha rintisan dengan produk yang inovatif dan diperkirakan oleh pakar memiliki potensi untuk tumbuh dengan sangat cepat jika dimodali investor. Contoh startup terkenal di Indonesia : Gojek, Bukalapak, dll.
  • MENGAPA SEBAIKNYA BERBADAN USAHA?  Selain karena permintaan BPK (pemeriksa keuangan negara), investor manapun baru bisa beri tambahan modal jika ada kejelasan berapa saham yang ditawarkan startup kepada investor. Dan itu artinya startup perlu memiliki badan usaha.
  • MENGAPA PERLU INVESTOR?  Di jaman now, semua bisnis mudah untuk ditiru. Untuk tumbuh besar, bisnis dengan produk inovatifnya perlu cepat mendominasi pasar lewat bantuan investor.   Dengan sedikit izinkan investor ikut bantu modalin, income profit keuntungan bisa naik 10-1000x lipat.
  • APA SUB-SEKTOR SAYA?  Pilih subsektor yang sesuai dengan karakter produk krn tiap sub-sektor memiliki kriteria sukses yang berbeda. Jika produk/layanan yag diberikan ke customer adalah berbasis apps/IT, masukkan ke dalam sektor IT & games.
  • MENGAPA DAFTAR PAKAI GOOGLE?  Ini cara praktis untuk validasi bahwa pengunjung adalah orang. Pengunjung belum tentu pemilik bisnis dan boleh jadi hanya ingin tahu apa itu startup kreatif & apa manfaatnya. Bagi pelaku ekonomi kreatif, di dalam ada link registrasi ke BISMA.
  • MENGAPA DATA SAYA TIDAK TERSIMPAN?  Pastikan selalu klik tombol [submit] atau [update] setiap kali selesai merubah atau mengupload data. Jika ini terjadi menjelang penutupan, itu terjadi karena server overload. Itu risiko peserta. Sebaiknya cicil upload file anda sejak dini.
  • TIDAK BISA MENGAKSES SISTEM?  Silahkan coba ulangi akses file atau sistem tsb (bip, bisma, gostartupindonesia). Banyak kejadian hal tsb terjadi karena jaringan internet kebetulan sedang padat sehingga koneksi terputus. Jika gagal upload, mungkin itu karena server overload.
  • MENGAPA OFFLINE CHAT TIDAK DIJAWAB?  Pastikan tulis alamat email pada setiap offline message. Jawaban tim support akan dikirim ke email tsb. Jika masih kurang jelas, coba kembali chat pada saat jam support normal pk 08.00 - 22.00 setiap hari tmsk weekend.
  • SIAPKAH SAYA MEMBUAT STARTUP?   Semua orang bisa mencoba membuat startup. Tapi sebaiknya calon pengusaha paham dulu bakat wirausahanya, punya pengalaman kerja di industri tsb, memiliki modal sendiri dan memakai kreatifitas untuk membuat startup sebagai usaha sampingan.
  • MASIH PELAJAR DAN CARI KERJA?  Wirausaha adalah cara cepat untuk dapat kerja. Untuk melengkapi wawasanmu agar tidak kaget, segera klik tombol daftar di BIP dan cermati apa yang diminta. Itu adalah checklist untuk kamu butuhkan saat mencoba berwirausaha kelak
Sekilas

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif dengan enam belas subsektor.

Alamat

Gedung Kementerian BUMN, Lt 15. Jl. Medan Merdeka Selatan No. 13, Jakarta Pusat - 10110

Lihat di peta Google


www.bekraf.go.id